Prinsip Kerja PLTU

Pada dasarnya PLTU bekerja berdasarkan siklus Rankine yang terdiri dari beberapa proses. Proses proses dalam siklus rankine tersebut adalah sebagai berikut :

  • Proses pemompaan isentropikdi dalam pompa
  • Proses pemasukan kalor atau pemanasan pada tekanan konstan di dalam ketel.
  • Proses ekspansi isentropik di dalam turbin atau mesin uap lainnya
  • Proses pengeluaran kalor atau pengembunan pada tekanan konstan di dalam kondensator.
Secara sederhana prinsip kerjanya adalah sebagai berikut :
  1. Air masuk ke destilasi (proses pemurnian) menjadi air suling kemudian ke pompa masuk ke tangki air (reservoir)
  2. Kemudian melalui demineraliser dimana terjadi proses pemisahan mineral, air  dimasukkan ke dalam tangki berikutnya temperatur air sekitar 34 celcius.
  3. Melalui ekonomiser kemudian air ditingkatkan suhunya kemudian ke pemanas tekanan rendah dan ke pemanas tekanan tinggi hingga suhunya mencapai 70 derajat celcius. Pemanasn ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya tekanan termal yang bisa mengakibatkan kerusakan tabung boiler.
  4. Sesudah melalui pemanasan air dialirkan ke boiler untuk diuapkan selanjutnya ke pemanas lanjut primer dan pemanas lanjut sekunder mengalir menggerakkan turbin menmutar generator.
Meskupun secara teori PLTU ini berdasarkan siklus rankine namun pada kenyataanya tentunya terjadi beberapa hal yang menyimpang dari siklus rankuni. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Kerugian dalam pipa saluran fluida kerja, yang berupa kerugian gesekan dan kerugian kalor ke atmosfer sekitarnya, menyebabkan tekanan dan temperatur uap masuk turbin menjadi lebih rendah daripada keadaan yang ideal.
  • Di dalam ketel uapnya sendiri juga terjadi kerugian tekanan, dengan demikian maka air yang masuk ke dalam ketel harus bertekanan lebih tinggi dari tekanan uap yang harus dihasilkan sehingga dibutuhkan kerja pompa yang lebih besar.
  • Kerugian energi di dalam turbin, terutama terjadi karena adanya gesekan antara fluida kerja dan bagian bagian dari turbin.
  • Kerugian yang dialami oleh pompa pompa
  • Kerugian lain lain diantaranya kerugian kalor ke atmosfir dan kerugian di dalam kondensor.
This Is The Newest Post
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



Memuat...