Bunyi

Pengertian bunyi adalah gelombang longitudinal yang terjadi karena rapatan dan renggangan. Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair dan gas. Sumber bunyi adalah merupakan benda yang bergetar baik karena tepukan, pukulan, tiupan maupun petikan.

Sifat Bunyi

  • Interferensi bunyi
  • Gelombang adalah getaran yang merambat. Sehingga bunyi yang sampai ke telinga juga berbentuk gelombang. Hal yang menunjukkan bunyi adalah sebuah gelombang yakni peristiwa interferensi bunyi yang terjadi pada garpu tala. Jika ada dua garpu tala yang memiliki frekuensi sama digetarkan bersamaan maka bisa terjadi penguatan maupun pelemahan bunyi. Hal inilah yang disebut interferensi bunyi.

  • Pemantulan bunyi
  • Bunyi selayaknya gelombang yang lain juga mengalami pemantulan. Pemantulan bunyi yang terjadi pada suatu benda bisa berbeda dengan benda lainnya tergantung dari keras lunaknya permukaan benda tersebut. Pemantulan bunyi ini juga mengikuti hukum hukum pemantulan gelombang. Pemantulan bunyi yang terjadi di dalam ruangan dapat menyebabkan terjadinya gaung yang menjadikan bunyi menjadi kurang jelas untuk didengar karena bunyi asli dan bunyi pantulan berbaur menjadi satu. Sehingga pada bangunan bangunan tertentu dipasanglah bahan bahan untuk meredam pemantulan bunyi sehingga tidak terjadi gaung. 
    Pemantulan bunyi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur jarak antara dua buah tempat dan juga untuk mengukur kedalaman misal kedalaman laut. Untuk pengukuran tersebut digunakan persamaan  / rumus sebagai berikut :
    2s = v.t

    s = jarak antara tempat yang diukur / kedalaaman laut
    v = kecepatan bunyi
    t = waktu


This Is The Newest Post
Facebook CommentsShowHide

0 komentar