Home » » 4 Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Kelebihan Zinc dalam Tubuh

4 Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Kelebihan Zinc dalam Tubuh

Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare ini sangat dianjurkan apalagi untuk anak-anak dan bayi, apalagi bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya banyak diantara bayi dan juga balita yang meninggal disebabkan oleh penyakit tersebut. Sehingga jika sudah mulai terasa gejalanya dianjurkan bagi para orang tua untuk memberikan asupan makanan dan juga obat-obatan yang mengandung mineral zinc ini di dalamnya, sehingga diare bisa mereda dan tidak menyebabkan komplikasi.

Sebenarnya kebutuhan zinc dalam tubuh terbilang cukup sedikit, yaitu antara 10 hingga 13 mg setiap harinya, berbeda jika seandainya sudah terserang diare, maka tingkat kebutuhannya juga akan bertambah. Namun kebanyakan sudah tercukupi dari asupan bahan makanan yang dikonsumsi setiap harinya, seperti telur, susu, daging dan juga seafood. Lalu bagaimana jika seandainya kelebihan mineral tersebut dalam tubuh? Tentunya juga berbahaya, kelebihan zinc bisa dilihat dari beberapa gejala berikut ini, yaitu:

  1. Mual dan muntah, kelebihan zinc akan menyebabkan seseorang mudah mual hingga muntah, karena ada semakin banyak racun yang ingin dikeluarkan oleh tubuh. Meskipun demikian hal tersebut tentunya akan menganggu aktivitas dan juga bisa memicu komplikasi yang berbahaya jika terus dibiarkan.
  2. Diare, kelebihan zinc sama artinya seperti keracunan, hal ini akan menganggu sistem pencernaan tubuh dan berujung pada reaksi seperti sakit perut dan buang air besar berkali-kali dengan feses yang cair, karena usus mengalami iritasi dan ada kemungkinan pendarahan pada sistem pencernaan tersebut.
  3. Tubuh akan mengalami gejala mirip terkena flu, diantaranya adalah demam, sakit kepala, batuk hingga mudah lelah, karena sebenarnya mineral zinc ini juga dapat mempercepat terjadinya durasi penyakit flu.
  4. Kadar HDL akan turun, HDL dikenal juga sebagai kolesterol baik yang berperan dalam pencernaan dan juga memerangi kolesterol jahat, jika seandainya kadarnya turun tentunya akan memberikan dampak pada kesehatan jantung, lebih mudah terserang penyakit jantung.
Memang benar Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare karena akan mempercepat penyembuhan, namun dalam kondisi normal sebaiknya batasi konsumsinya. Beli suplemen zinc ini ia mudah di Go Apotik.

0 komentar:

Posting Komentar