Home » » Panduan Merawat Genset yang Benar

Panduan Merawat Genset yang Benar

Genset merupakan alat yang digunakan untuk sumber daya listrik utama maupun. service genset harus dilakukan untuk memastikan alat ini bisa berfungsi secara optimal dan bisa awet. 

Perusahaan besar biasanya memiliki banyak genset. Tidak hanya dengan membeli, tapi terkadang mereka juga melakukan sewa genset jika dirasa alat yang ada masih kurang. 

Pada perusahaan besar membuatuhkan genset dengan kapasitas besar. Sedangkan pada perusahaan kelas menengah dan kecil, memerlukan genset dengan kapasitas yang lebih rendah.  

Untuk melakukan pemeliharaan genset, diperlukan operator atau petugas yang merawat khusus alat ini. Operator ini nantinya akan bertugas untuk mengikuti jadwal perawatan yang sudah terdapat pada genset tersebut.

Pastikan untuk jadwal service genset untuk memastikan alat ini bisa tetap digunakan dengan baik. Jika diperlukan bisa meminta bantuan perawatan dari perusahaan sewa genset agar proses pemeliharaan ini bisa berlangsung rutin dan kontinu.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan saat melakukan pemeliharaan genset tersebut.
  • Memeriksa level cairan genset 
  • Mengganti komponen yang sudah aus atau tidak berfungsi optimal
  • Memeriksa baterai 
  • Menguji load bank
  • Mengganti filter bahan bakar dan udara

Saat melakukan pemeliharaan rutin, setiap langkah yang dilakukan harus dicatat. Termasuk juga tanggalnya. Hal ini perlu dilakukan agar bisa diketahui secara jelas jadwal pemeliharaan yang sudah dilakukan.

Data yang muncul ini selanjutnya dikumpulkan dan kemudian dianalisa untuk menilai performa genset tersebut.

Dengan melakukan pemeliharaan secara rutin ini bisa dikenali kemampuan genset ini selanjutnya. Jika memang kemampuan genset ini mulai menurun atau tidak sesuai harapan, bisa juga dipertimbangkan untuk membeli genset beru atau menyewa genset. 

Yang penting saat melakukan pemeliharaan atau service genset ini perlu dilakukan oleh tenaga yang kompeten. Agar nantinya pemeliharaan bisa berlangsung secara optimal.

0 komentar:

Posting Komentar