Home » » Pencatatan Keuangan Usaha Lebih Efektif dan Efisien dengan BukuWarung

Pencatatan Keuangan Usaha Lebih Efektif dan Efisien dengan BukuWarung


UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah merupakan salah satu penggerak ekonomi di Indonesia. Hal ini wajar saja mengingat jumlah UMKM yang sangat banyak. Di tahun 2019 saja jumlah pelaku UMKM sudah mencapai 52,9 juta orang dan tentunya semakin tahun semakin bertambah. Namun sayangnya dari 50 juta lebih UMKM yang ada ini masih cukup sedikit yang mampu dan mau memanfaatkan teknologi dalam pengembangan usahanya.

Hal ini salah satunya tercermin dalam operasional usaha mereka tiap hari. Misalnya saja dalam hal pencatatan keuangan usaha yang mereka lakukan. Masih banyak diantara UMKM tersebut yang belum melakukan pencatatan keuangan usahanya atau kalaupun melakukan pencatatan keuangan mereka melakukannya dengan cara tradisional yakni dengan mencatat di lembaran kertas ataupun buku. Tentunya pencatatan dengan menggunakan kertas seperti ini memiliki cukup banyak kekurangan misalnya mudah rusak baik karena robek, basah kehujanan ataupun dimakan rayap. Dan terkadang laporan yang menggunakan kertas juga hilang dan tak teratur penulisannya. Selain itu di masa pandemi seperti sekarang ini penggunaan catatan keuangan menggunakan buku juga relatif rantan menyebarkan virus. Karena hal itulah ada baiknya jika mulai sekarang UMKM memanfaatkan teknologi yang ada termasuk dalam hal pencatatan keuangan ini. Dengan pemanfaatn teknologi maka catatan keuangan bisa dikelola dengan lebih efektif dan efisien.

Menggunakan Aplikasi BukuWarung Untuk Pencatatan Keuangan UMKM

Salah satu hal yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan teknologi di pencatatan keuangan ini misalnya adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan buku warung. Dengan aplikasi ini berbagai hal yang berhubungang dengan pencatatan keuangan usaha bisa dilakukan. Hal ini karena buku warung memiliki sejumlah fitur yang mampu memfasilitasi hal tersebut. Diantara berbagai fitur dari aplikasi buku warung ini antara lain adalah sebagai berikut :

Pencatatan Utang Piutang 


Utang piutang merupakan salah satu hal yang cukup lazim kita temui dalam berbagai jenis usaha. Dan agar utang piutang ini tetap terdata dengan baik maka diperlukan pencatatan utang piutang yang rapi dan teratur. Dengan aplikasi buku warung pelaku usaha bisa mencatat baik itu utang yang dilakukan oleh pelanggan maupun utang yang dilakukan oleh pengusaha itu sendiri ke supplier atau pihak lainnya.

Pencatatan Transaksi Keuangan


Agar keuangan dari sebuah usaha jelas maka pemilik usaha perlu melakukan pencatatan keluar masuknya keuangan. Pencatatan ini meliputi catatan tentang penjualan, pembelian, kulakan dan yang sejenisnya.

Laporan Usaha harian, mingguan dan bulanan


Fitur penting lainnya dari buku warung yang bisa dimanfaatkan adalah fitur laporan usaha yang bisa kita peroleh tiap waktu tertentu. Laporan ini juga bisa kita download kemudian diprint jika memang diperlukan.

Sebenarnya selain fitur fitur di atas masih ada sejumlah fitur lain dari aplikasi keuangan bukuwarung ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur fitur lain dari buku warung anda bisa melihatnya di bit.ly/AplikasiPengaturKeuangan

Kelebihan Aplikasi Buku Warung

Aplikasi buku warung ini memiliki berbagai kelebihan antara lain adalah sebagai berikut :

Mudah digunakan

Aplikasi bukuwarung ini termasuk aplikasi yang user friendly sehingga mereka yang baru menggunakan bisa langsung memakainya dengan mudah. Hal ini ditambah dengan adanya petunjuk pemakaian yang cukup jelas di web maupun aplikasi bukuwarung ini.

Data Tersimpan dengan Aman

Kelebihan lain dari aplikasi BukuWarung ini adalah datanya yang disimpan dengan aman. Hal ini karena data laporan keuangan yang kita buat disimpan di server bukuwarung sehingga jika di kemudian hari HP kita rusak atau hilang kita masih bisa mengakses data laporan keuangan tersebut dengan masuk ke akun BukuWarung kita.

Bisa Digunakan Untuk Semua Jenis Bidang Usaha

Apapun usaha yang sedang anda geluti entah itu warung makan, toko kelontong, warnet, konter pulsa, bengkel maupun usaha lainnya anda bisa tetap menggunakan aplikasi pencatat keuangan bukuwarung ini. 

Setelah paham betapa pentingnya penerapan teknologi untuk pencatatan keuangan sebuah usaha dan tahu berbagai keunggulan yang diberikan oleh bukuwarung maka kita bisa mulai menggunakan aplikasi tersebut. Karena aplikasi buku catatan keuangan dari bukuwarung ini dirancang untuk digunakan di smartphone android maka kita bisa mendownloadnya di playstore dan mulai menggunakannya.

0 komentar:

Posting Komentar