Home » » Alasan Mengapa NPWP itu Penting untuk Anda

Alasan Mengapa NPWP itu Penting untuk Anda


NPWP sudah bukan menjadi hal asing lagi, terutama jika Anda adalah seorang Wajib Pajak yang tertib membayar pajak, pastinya tahu mengenai istilah ini. Kenapa bisa demikian? Cari tahu alasan seberapa penting nomor pajak ini sehingga menjadi suatu kewajiban bagi Wajib Pajak memilikinya. Sebelum menuju ke pembahasan seberapa pentingnya nomor ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu NPWP. Berikut penjelasannya
Mengenal Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan suatu identitas yang wajib dimiliki oleh Wajib Pajak untuk semua urusan pajaknya. Nomor ini dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pajak. NPWP dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Nomor Pribadi dan Nomor Badan. Nomor pokok pribadi dimiliki oleh setiap individu yang memperoleh penghasilan di Indonesia seperti karyawan.
Sedangkan Nomor Pokok Badan dimiliki oleh suatu badan atau perusahaan yang memperoleh penghasilan di Indonesia. Untuk pemilik bisnis, wiraswasta, atau investor harus memiliki keduanya, baik untuk pajak Anda sendiri maupun perusahaan yang Anda miliki.
Kegunaan dari NPWP
Apa fungsi dan kegunaan NPWP sehingga setiap Wajib Pajak harus memilikinya? Selain sebagai identitas dan sarana administrasi perpajakan bagi Wajib Pajak, nomor ini bisa digunakan untuk beberapa kegiatan berikut:
1. Pengajuan dan pembuatan SIUP. Salah satu syarat pembuatan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) adalah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak.
2. Mendapatkan keringanan tarif pajak Menghindari sanksi pidana. Berdasarkan undang-undang tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan, seseorang yang seharusnya memiliki NPWP tetapi belum memilikinya, bisa terkena ancaman pidana.
3. Membuat paspor karena salah satu dokumen yang disyaratkan adalah nomor pokok ini.
4. Mengurus restitusi. Anda bisa mengklaim uang lebih yang Anda bayarkan dengan membawa kartu nomor pokok ini.
5. Melamar pekerjaan.
Pentingnya NPWP Bagi Wajib Pajak
Seberapa penting NPWP hingga pemerintah mewajibkan setiap Wajib Pajak memilikinya? Suatu bisnis atau perusahaan akan mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen jika bisnisnya memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak. Bisnis Anda akan dipandang lebih professional. Di samping itu, keberadaan bisnis tersebut sudah diakui oleh negara.
Bisnis Anda juga termasuk bisnis yang taat terhadap peraturan perpajakan yang berlaku dan hal-hal lainnya. Selain itu, jika Anda ingin mengembangkan usaha Anda dengan bekerjasama dengan pengusaha lain atau lembaga pemerintah, nomor ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi.  
Banyak keuntungan bukan jika Anda memiliki NPWP. Jika Anda belum memilikinya, lebih baik segera membuatnya. Untuk pencatatan akuntansi, baik akuntansi perpajakan atau akuntansi keuangan sudah bisa Anda lakukan secara mudah dengan pemanfaatan teknologi. Langsung saja download aplikasi BukuKas untuk pencatatan akuntansi yang akurat dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya. Pengelolaan arus kas bisnis Anda bisa menjadi lebih mudah dan lebih cepat dalam menghitung tarif pajak yang akan Anda bayarkan.

0 komentar:

Posting Komentar