Home » » Mengenal Dyna, Mobil Truk Dari Toyota

Mengenal Dyna, Mobil Truk Dari Toyota

mobil truk
Mobil truk dengan segala jenisnya entah itu truk box, tronton, maupun yang lainnya adalah sarana angkutan barang yang cukup bisa diandalkan. Hal ini karena mengangkut barang dengan truk bisa dibilang cukup efektif terutama untuk perjalanan jarak jauh di jalur darat. Seperti yang kita ketahui truk ini rata rata berukuran cukup besar sehingga mampu mengangkut barang dalam jumlah yang cukup banyak untuk didistribusikan dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Karena hal tersebut maka keberadaan mobil mobil jenis truk ini menjadi sangat penting di Indonesia. Karena dengan adanya truk, distribusi kebutuhan pokok seperti sembako dan yang lainnya akan lebih mudah.

Jika kita berbicara mengenai truk di Indonesia tentunya merupakan kendaraan yang sudaj tidak asing lagi. Kita bisa menemukan mobil truk ini di hampir sebagian jalanan yang ada di Indonesia. Dari jalanan yang ada di sekitar kita hingga jalan provinsi maupun jalan nasional kita akan menemukan truk melintas. Bahkan jika kita melihat ke jalan nasional rute 1 atau lebuh dikenal sebagai jalur pantura maka kita akan menemukan truk dalam jumlah cukup banyak yang kadang melintas secara bersama sama di malam hari.

Karena besarnya kebutuhan truk di Indonesia sehingga pabrikan mobil yang ada di Indonesiapun juga memproduksi mobil mobil jenis truk ini. Salah satu pabrikan mobil terkenal yang juga turut memproduksi truk adalah toyota. Sejak tahun 1975 toyota telah membuat truk untuk pangsa pasar Indonesia yakni toyota dyna. Produk truk pertama toyota di Indonesia yang lebih dikenal sebagai dyna BU ini merupakan truk jenis COE (cab over engine) yakni truk ringan yang memiliki mesin berada di bawah kabin.

Setelah produk truk pertamanya meluncur di tahun tersebut, toyota terus saja mengembangkannya. Beberapa pembaruan baik dari segi spesifikasi maupun model terus toyota lakukan. Misalnya saja di tahun 80an toyota mulai memproduksi truk dengan pilihan 4 maupun 6 roda yang bertenaga 115 PS. Truk truk 6 roda dari toyota dyna ini merupakan truk yang dikhusukan untuk membawa barang di medan medan yang cukup berat sedangkan truk dengan 4 roda dari dyna mengandalkan kelincahan dan ukurannya yang tidak terllau besar untuk beroperasi di daerah perkotaan yangg cukup padat kendaraan.

Di akhir 80an tepatnya pada tahun 1989 toyota juga kembali melakukan pengembangan pada produk truknya. Di mana saat itu mereka meluncurkan truk dengan jenis medium duty (MD). Truk truk jenis medium duty dari toyota ini dilengkapi dengan suspensi terbaru saat itu dan juga final gear yang mampu menjaga kecepatan tinggi di medan datar. Bersama dengan truk dyna jenis heavy duty, truk MD ini menjadi salah satu andalan toyota ketika itu.

Memasuki awal awal 2000an tepatnya tahun 2002 toyota kembali lagi melakukan perombakan. Dan kali ini perombakan yang terjadi pada produk truk dyna toyota adalah perombakan yang cukup besar. Perombakan besar besaran ini menghasilkan beberapa produk truk terbaru dengan spek yang lebih tinggi yang dilakukan dengan menaikkan kapasitas mesin menjadi 4.009 cc serta menyediakan varian sangat bervariasi mulai dari 115 PS ST (Small Truck) 4 ban, dan empat varian 6 ban yaitu 115 PS ET (Economic Truck), 125 PS LT (Light & fast truck), 125 PS HT (Heavy Duty Truck) dan 140 PS gT (gigantic & Fast Truck).

Dengan sejumlah pengembangan yang terus dilakukan PT TAM sebagi produsen truk dyna di Indoensia, tidak mengherankan jika penjualan truk dyna ini juga cukup besar. Toyota dyna sampai saat ini termasuk truk yang cukup diperhitungkan dengan pertumbuhan oenjualan mencapai 4% tiap tahunnya.


0 komentar:

Posting Komentar