Home » » Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan

mengatasi bau badan
Selamat sore pembaca blog uklis sekalian, pada artikel saya kali ini saya akan membahas tentang bau badan yang meliputi penyebab dan juga cara mencegah serta mengatasi bau badan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya bau badan merupakan salah satu masalah yang terjadi di hampir semuo orang baik pria maupun wanita. Bau badan yang timbul ini tentunya cukp mengganggu baik itu untuk kita sendiri maupun orang orang yang berada di sekitar kita. Memiliki badan yang bau tentunya juga akan menurunkan rasa percaya diri kita, sedangkan orang yang berada di sekitar kita dan menghirup bau yang tak sedap dari badan kita tentunya akan membuat mereka tidak nyaman.

Untuk penyebab dari timbulnya bau badan ini ada beberapa macam beberapa diantaranya adalah sebagau berikut : 

  • Bau disebabkan oleh bakteri yang keluar bersama dengan keringat pada tubuh kita. pada tubuh kita. Seperti yang kita ketahui jika pada manusia terdapat kelenjar keringat yang berfungsi untuk menghasilkan keringat yang mampu mendinginkan tubuh kita sewaktu suhu tubuh naik. Hal ini bisa kita lihat saat seseorang berolahraga dan naik suhu tubuhnya maka akan timbul keringat. Untuk kelenjar keringat yang ada pada tubuh manusia ada 2 macam yakni kelenjar accrine dan juga apocrine. Kelenjar acrine yang biasanya berada di bagian tubuh yang memiliki pori pori cukup seperti tangan dan bahu. Keringat yang dihasilkan oleh accrine ini biasanya tidak berbahu. Sedangkan kelenjar apokrin yang ada di beberapa bagian tubuh yang terlipat seperti ketiak biasanay mengeluarkan keringat yang memiliki bau. Hal ini karena pada bagian ketiak ini keringat akan berekskresi bersamaan dengan bakteri yang membusuk sehingga menumbulkan bau yang tidak sedap.
  • Karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat
  • Bau badan karena menderita suatu jenis penyakita.
  • Kurang menjaga kebersihan tubuh.

Sedangkan cara untuk menghilangkan bau badan yang cukup mengganggu ini juga cukup banyak dari cara yang alami maupun kimiawi. Beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi bau badan ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mandi secara teratur dengan sabun yang tepat, mandi diyakini dapat membunuh sebagian bakteri penyebab bau badan yang ada pada tubuh kita. Dan denga mandi ini kita juga bisa menghilangkan kotoran kotoran yang juga terkadang menimbulkan bau badan. Paling tidak dalam sehari kita mandi 2 kali dengan sabun yang tepat untuk mencegah timbulnya bau badan yang menyengat. Sabun mandi yang bisa kita paaki untuk madi ini adalah sabun mandi yang mengandung zat anti septic yang mampu menghilangkan bakteri penyebab bau badan.
  • Makan makanan yang sehat dan juga seimbang nilai gizinya, Karena sebagian bau badan timbul karena pola makan yang salah maka untuk mengatasinya tentunya kita harus mengubah cara atau pola makan kita. Aturlah porsi dari  makanan makanan tertentu yang menimbulkan bau badan baik secara langsung maupun tidak langsung. Makanan makanan yang menimbulkan bau secara langsung misalnya adalah jenis jenis makanan yang memiliki bau menyengat, sedangkan yang tidak langsung adalah makanan yang mengganggu proses kerja saluran pencernaan kita.
  • Menggunakan deodorant yang tepat, sampai saat ini deodoran masih dipercaya sebagai salah satu alat untuk menghilangkan bau badan pada tubuh manusia terutama yang timbul pada ketiak. Namun tentunya deodorant yang dipilih juga harus yang menggunakan bahan bahan yang aman untuk tubuh. Karena kalau tidak bukannya bau badan hilang justru timbul maslaah baru pada tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar