Home » » Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Pada Anak

Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Pada Anak

alergi pada anak
Selamat pagi para pembaca sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan membaas tentang alergi pada anak yang meliputi penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Seperti yang kita ketahui alergi yang merupakan hal yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap suatu zat dari luar ini bisa terjadi tak hanya pada orang dewasa saja namun juga menyerang anak anak bahkan bayipun juga bisa mengalaminya. Alergi mungkin saja sebagian orang menyepelekannya atau menganggap enteng jika anaknya terkena alergi, padahal sebenarnya alergi pada anak jika dibiarkan saja dan mencapai kondisi tertentu bisa mengakibatkan hal yang cukup fatal bagi kesehatan anak tersebut. Karena itulah cukup penting bagi kita untuk mengetahui tentang segala hal yang berhubungan dengan alergi yang terjadi pada anak kita sehingga kita bisa mengatasinya.

Penyebab Alergi
Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk mengatasi alergi yang terjadi pada anak terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya alergi tersebut. Alergi bisa terjadi ketika sistem imun dari tubuh kita bereaksi terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Zat asing yang bukan berupa parasit yang masuk ke dalam tubuh kita ini sering disebut sebagai alergen. Dan secara umum jenis alergen ini cukup banyak di lingkungan sekitar kita. Beberapa alergen pemicu terjadinya alergi pada anak diantaranya adalah debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, atau zat kimia tertentu pada makanan atau air. Karena hal tersebut menjadi tidak mengherankan jika ada seseorang yang terkena alergi setelah mengonsumsi makanan tertentu seperti ikan misalnya. Atau ada juga orang yang mengalami alergi saat terkena debi di jalanan maupun di tempat tinggalnya.

Gejala Alergi
Penting bagi kita untuk mengetahui gejala alergi yang terjadi pada seorang anak, sehingga dapat melakukan tindakan sedini mungkin. Gejala gajala alergi ini biasanya akan nampak setelah anak terpapar atau mengonsumsi zat zat yang termasuk alergen. Di antara beberapa gejala alergi yang umum terjadi pada manusia diantaranya adalah terjadinya kulit yang terasa gatal, pembengkakan pada bagian tubuh yang terpapar atau terkena alergen entah itu pada kulit, lidah maupun bagian tubuh lainnya, bersin bersin, ruam pada kulit, mata berair dan lain sebagainya. Tentunya jika kita atau anak yang ada di sekitar kita mengalami gejala tersebut setelah mengonsumsi makanan tertentu atau terkena benda tertentu yang dicurigai sebagai alergen berarti mereka terkena alergi dan sebaiknya berusaha mengatasinya sehingga tidak bertambah fatal. Karena jika sudah parah gejala alergi yang terjadi ini akan berubah menjadi cukup berbahaya. Misalnya saja pada saluran pernafasan alergi yang terjadi dapat menimbulkan terjadinya asma.

Cara Mencegah dan Mengatasi Alergi Pada Anak
Karena akibat fatal yang bisa ditimbulkan oleh alergi, maka melakukan pencegahan terhadap terjadinya alergi maupun mengatasi alergi yang sudah terjadi merupakan salah satu tindakan penting yang harus kita lakukan. Untuk menghindari atau mencegah terjadinya alergi ada beberapa cara misalnya saja menjauhkan atau menghindarkan anak yang rentan terkena alergi dengan zat zat alergen yang ada, menghindari makanan makanan penyebab alergi, dan lain sebagainya. Sedangkan bagi yang sudah terkena alergi apalagi yang sudah cukup berat maka untuk mengatasinya kita bisa membawanya ke dokter atau ke fasilitas kesehatan terdekat yang ada di sekitar kita. Di sana penderita alergi ini bisa diberi obat obat yang sesuai dengan petunjuk dokter seperti dengan metode farmakoterapi maupun yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar