Home » » Ini Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjadi Seorang Penulis Lepas di Media Online

Ini Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjadi Seorang Penulis Lepas di Media Online

penulis

Salah satu jenis profesi yang akhir akhir ini semakin banyak peminatnya adalah menjadi penulis konten atau content writer. Hal ini secara langsung atau tidak langsung dipengaruhi oleh perkembangan yang sangat pesat media online. Jika dahulu menjadi seorang penulis hanya terpaku pada media media mainstream seperti menulis buku, menulis untuk surat kabar dan sebagainya maka sekarang ini dengan perkembangan media online yang sangat pesat kita bisa menulis untk media media online seperti web berita, blog maupun situs situs UGC (user generated content lainnya). Terlebih lagi menulis untuk media online seperti blog dan yang sejenisnya relatif lebih mudah dibandingkan menulis konten untuk surat kabar apalagi surat kabar besar.

Dengan tidak terlalu susahnya menjadi seorang penulis lepas di media online maka kita pun sebenarnya bisa berpeluang untuk menekuni profesi ini dan mulau meraup pundi pundi rupiah. Beberapa persiapan serta langkah yang bisa kita lakukan saat memutuskan untuk menjadi penulis lepas di media online ini antara lain adalah sebagai berikut :
  • Tentukan apa yang akan kita tulis, sebelum menjadi seorang penulis maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan jenis tulisan kita. Artikel seperti apa yang akan kita tulis apakah artikel tentang teknologi, kesehatan, travel, cerita maupun yang lainnya. Tentunya agar saat menulis nanti tidak menemui kesulitan akan lebih baik jika kita memilih tema penulisan yang memang benar benar kita kuasai.
  • Menambah wawasan, tentunya agar kita menguasai apa yang akan kita tulis nantinya maka mau tidak mau kita harus meningkatkan wawasan kita tentang hal hal yang berhubungan dengan apa yang akan kita tulis. Tentunya tidak lucu jika menulis sesuatu sementara kita tidak menguasai apa yang kita tulis tersebut. Bahkan bisa saja jika jkita menulis sesuatu tanpa memiliki pengetahuan yanbaik tentang apa yang kita tulis bisa berakibat fatal. Misanya saja kita menulis hal yang berhubungan dengan kesehatan dan tulisan kita isinya kurang tepat maka bisa saja membahayakan pembacanya.
  • Belajar teknik penulisan, agar bisa menulis sebuah artikel dengan lancar maka tidak ada salahnya jika kita belajar tentang cara penulisan artikel yang baik. Untuk mempelajari hal tersebut kita bisa bertanya kepada mereka yang suda ahli, bergabung dengan komunitas penulis maupun belajar secara otodidak melalui buku, internet dan lain sebagainya.
  • Paksakan diri untuk mulai menulis, Bagi seorang penulis salah satu hal terberat yang bisanya menghambat mereka adalah adanya rasa malas untuk mulai menulis. Rasa malas ini bisa timbul karena berbagai hal entah itu takut tulisannya tidak bagus, tidak ada ide apa yang akan ditulis  maupun yang lainnya. Dan untuk mengatasi hal ini maka langkah terbaik yang harus kita lakukan adalah paksakan saja diri kita untuk menulis toh biasanya di tengah waktu menulis ini akan muncul banyak ide tentang tulisan kita dan saat selesai tulisan kita kita bisa merevisinya jika dirasa isinya tidak cocok dengan apa yang kita inginkan.
  • Jual Tulisan kita, setelah kita merasa bahwa tulisan kita ini layak untuk tayang maka saatnya kita untuk "menjual" tulisan kita tersebut. Untuk melakukannya kita bisa mengirim artikel hasil tulisan kita ke sejumlah media online besar yang memang menerima kiriman artikel seperti detik maupun yang lainnya. Hal lain yang bisa kita lakukan untuk menawaarkan keahlian penulisan kita ini adalah dengan menawarkan jasa penulis melalui web web marketplace freelance seperti fastwork dan yang sejenisnya.

0 komentar:

Posting Komentar