Home » » Langkah Sedarhana Agar Motor Irit Bahan Bakar

Langkah Sedarhana Agar Motor Irit Bahan Bakar

motor irit

Memiliki sepeda motor irit marupakan salah satu hal yang diinginkan para pengguna motor. Dengan sepeda motor yang irit ini maka secara langsung atau tidak akan mengurangi jumlah pengeluaran seseorang. Karena hal itulah tidak mengherankan jika kemudian orang orang melakukan berbagai upaya agar sepeda motor yang dimilikinya bisa hemat dalam penggunaan bahan bakar. Upaya upaya ini bermacam macam jenisnya dari mulai menambahkan alat yang dipercaya bisa menghemat bahan bakar hingga mengubah setelan dari mesin sepeda motor mereka. Tentunya masing masing upaya ini memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Misalnya saja penambahan zat yang dipercaya bisa menghemat bahan bakar jika terus menerus dilakukan bisa berpotensi merusak mesin dari sepeda motor tersebut. Demikian juga untuk cara cara lainnya pastinya juga memiliki kekurangan. 

Akan tetapi sebenarnya untuk menjadikan sepeda motor kita hemat bahan bakar ini bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Beberapa cara sederhana ynga bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar sepeda motor ini antara lain adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai
Salah satu cara mudah agar kendaraan kita tidak boros bahan bakar adalah dengan menggunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan kita. Bahan bakar dengan oktan yang tinggi biasanya akan menjadikan proses pembakaran sempurna sehingga tidak ada bahan bakar yang menguap dengan percuma. Pastikan juga kita membeli bahan bakar yang murni atau dengan kata lain jangan membeli bahan bakar yang dioplos.

2. Jangan Memanaskan Sepeda Motor Terlau Lama
Memanaskan sepeda motor sebelum digunakan mungkisn saja sudah menjadi rutinitas bagi sebagian orang. Pemanasan sepeda motor ini berfungsi agar motor siap dipakai misalnya mesin sudah terlumasi semuanya. Namun yang patut diperhatikan adalah soal waktu pemanasan motor ini, Karena jika kita memanaskan motor terlu lama setiap harinya akan ada cukup banyak bahan bakar yang terbuang percuma. Untuk memanaskan motor ini usahakan kurang dari lima menit. Selain boros bahan bakar memanaskan motor terlau lama juga bisa menjadikan knalpot motor cepat menguning.

3. Gunakan Sepeda Motor dengan Kecepatan Normal
Upaya lain yang bisa kita lakukan agar bisa mengirit bahan bakar sepeda motor adalah dengan mengatur kecepatan sepeda motor. Jangan mengendarai sepeda motor dengan kecepatan terlalu tinggi karena selain membahayakan diri kita juga akan boros bahan bakar.

4. Atur Ritme Perpindahan Gigi
Dengan mengatur ritme perpindahan gigi yang tepat maka kita juga bisa lebih menghemat bahan bakar sepeda motor yang dipakai.

5. Jaga Kebersihan Sepeda Motor
Sebuah sepeda motor yang kotor entah itu pada bagian mesin maupun bagian lainnya seperti pada rantai atau yang lainnya bisa saja menghambat jalannya motor tersebut dan membutuhkan tenaga ekstra yang tentunya membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Karena itu bersihkanlah sepeda motor secara rutin.

6. Jangan Melakukan Pengereman Secara Mendadak
Mengerem secara mendadak selain membahayakan kita dan pengendara di belakang kita ternyata juga menjadi salahs atu faktor cepat terkurasnya bahan bakar sepeda motor. Karena itulah saat mengendarai sepeda motor sebisa mungkin kita meminimalisir melakukan pengereman secara mendadak.

7. Jangan Membawa Barang Melebihi MUatan
Membawa barang atau orang yang melebihi muatan tentunya menjadikan sepeda motor membutuhkan tenaga lebih saat dipakai atau dengan kata lain tarikan gasnya lebih besar yang tentunya menjadikan bahan bakar lebih boros. Karena iti saat menggunakan sepeda motor pastikan tidak membawa muatan  yang melebihi ketentuan yang berlaku. Misalnya memboncengkan orang maka yang diperbolehkan hanya 1 saja begitu juga jika membawa barang hendaknya memperhatikan soal bobot dan juga ukurannya.

0 komentar:

Posting Komentar