Home » » Gejala Alergi, Penyebab, Cara Pencegahan dan Mengatasinya

Gejala Alergi, Penyebab, Cara Pencegahan dan Mengatasinya


Alergi merupakan suatu hal yang seringkali terjadi pada manusia baik yang masih anak anak maupun yang sudah dewasa. Meskipun pada umumnya alergi ini tidaklah terlau berbaya bagi keselamatan kita akan tetapi mengetahui gejala alergi ini tetaplah penting, karena dalam kasus kasus tertentu beberapa jenis alergi bisa saja menjadi fatal dan bahkan merenggut nyawa seseorang. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mengetahui hal hal yang berhubungan dengan alergi ini baik itu penyebab, gejala, cara mencegah maupun cara mengatasinya. Di bawah ini adalah sedikit paparan mengenai hal tersebut.

Penyebab Alergi
Penyebab alergi atau yang sering juga disebut sebagai alergen ini bisa bermacam macam. Antara orang yang satu dengan yang lainnya bisa saja penyebab alerginya berbeda beda. Alergi sendiri umumnya terjadi karena sistem kekebalan tubuh salah mengidentifikasi alergen. Alergen yang sebenarnya tidak berbahaya ini diidentifikasikan sebagai substansi yang berbahaya sehingga tubuh mengelurakan anti bodi untuk menghadapi alergen ini. Produksi anti bodi terhadap alergen yang berlangsung dalam waktu cukup lama dan terus menerus ini menjadikan histhamin dilepaskan ke dalam darah dan timbullah gejala alergi. Adapun untuk jenis alergen atau pemicu terjadinya alergi ini cukup bervariasi misalnya saja dari makanan yang dikonsumsi, debu yang terhisap, tungau, serbuk sari atau bisa juga karena suhu udara yang dingin.

Gejala Timbulnya Alergi
Mengetahui gejala alergi yang terjadi pada tubuh ini perlu dilakukan agar kita bisa mencegah timbulnya alergi ini di kemudian hari dan bisa mengatasinya. Adapun untuk gejala alergi yang biasanya timbul antara lain adalah terjadinya gatal gatal pada kulit setelah terpapar alergen, bengkak pada bagian bibir, wajah, lidah, tenggorokan maupun bagian tubuh lainnya, Tubuh terserang diare, terasa mual dan pusing pusing, hidung tersumbat dan lain sebagainya.

Cara Pencegahan Terjadinya Alergi
Seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati maka mencegah terserang alergi tentunya jauh lebih baik dibandingkan harus bersusah payah untuk mengatasi atau mengobati alergi yang sudah timbul. Cara paling mudah untuk mencegah terjadinya alergi ini tentunya adalah dengan menghindari kontak tubuh dengan alergen. Sebagai contoh cara pencegahan alergi ini adalah sebagai berikut :
  • Jika seseorang alergi terhadap makanan tertentu katanlah alergi terhadap kacang kacangan maka sebisa mungkin hindari untuk mengonsumsinya dan pastikan jika akan membeli makanan terlebih dahulu tahu zat apa saja yang terkandung didalamnya apakah mengandung alergen ataukah tidak. 
  • Demikian juga jika alergi terjadi karena debu maka sebaiknya jagalah kebersihan lingkungan sekitar sehingga tida ada debu yang bertebaran. Untuk membersihkan debu ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat penyedot debu sepeti vacuum cleaner misalnya atau bisa juga dengan cara dibasahi kemudian dibersihkan sehinga debu tidak beterbangan. Atau pastikan menggunakan masker saat akan keluar rumah.
  • Untuk yang menderita alergi terhadap gigitan serangga tertentu misalnya nyamuk maka ada baiknya menggunakan lotion anti serangga atau menggunakan baju yang cukup tertutup untuk mengindari terjadinya gigitan serangga.
Cara Mengatasi Alergi Pada Tubuh
Jika berbagai langkah pencegahan suda kita lakukan akan tetapi kita tetap saja alergi timbul maka yang harus kita lakukan adalah mengobatinya. Pengobatan ini bisa dilakukan dengan pemberian obat obatan yang mengandung anti histhamin, kortikoseroid, dekongestan maupun yang lainnya. Namun yang harus diperhatikan dalam pemberian obat obatan ini harus dengan petunjuk dan pengawasan dokter. Karena itulah apabila terkena alergi akan lebih baik jika langsung berkonsultsi dengan dokter atau di bawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

0 komentar:

Posting Komentar