Home » » Jenis-jenis Mesin Diesel yang Banyak di Pasaran

Jenis-jenis Mesin Diesel yang Banyak di Pasaran


Ukuran torsinya yang lebih besar daripada mesin bensin merupakan ciri yang dimiliki oleh
mesin diesel. Selain itu, mesin diesel juga dikenal sebagai mesin yang hemat bahan bakar sehingga banyak digunakan untuk mobil perniagaan. Namun, tidak hanya digunakan untuk mobil niaga saja karena mobil jenis SUV pun banyak yang menggunakan mesin diesel yang bertujuan agar performanya maksimal. 

Walaupun sama-sama menggunakan jenis mesin diesel namun antara mesin diesel pada truk dan mobil SUV berbeda, hal ini bisa diperhatikan dari kualitas suaranya. Untuk mesin diesel pada truk biasanya terdengar lebih kasar daripada mobil SUV. Nah, dari sini bisa disimpulkan bahwa terdapat beberapa jenis mesin diesel yang digunakan untuk kendaraan, untuk informasi selanjutnya langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

IDI (Indirect Injection Diesel)

Mesin diesel jenis ini biasanya banyak digunakan untuk mobil diesel dengan kapasitas rendah yaitu di bawah 3.000 cc. Seperti SUV, truk kecil, atau mobil niaga ukuran sedang. Ciri-ciri mesin ini yaitu memiliki dua ruang pembakaran. Main combustion chamber-nya terletak di atas piston sementara yang lainnya bernama pre-combustion chamber dan letaknya di dalam ruang bakar. 

Pembakaran yang terjadi pada mesin ini tidak terjadi pada main combustion chamber-nya namun terjadi pada pre-combustion chamber, hal ini dikarenakan injektornya terletak di bagian ini yang mana nantinya hasil pembakaran dari bagian ini akan membakar gas pada ruangan utama yang berada di atas piston. 

DI (Direct Injection Diesel)

Untuk mesin diesel satu ini bentuknya lebih praktis karena hanya menggunakan sebuah ruang bakar yang letaknya berada di atas piston. Proses pembakaran pada mesin ini terjadi dengan cara injektor langsung masuk ke ruang bakar melalui bagian atas kepala silinder. Dan biasanya busi pijar tidak dibutuhkan pada mesin ini. 

Jika dibandingkan dengan IDI, mesin satu ini emisinya lebih terjaga, lebih efisien serta tenaganya pun lebih bagus. Kendaraan yang sudah menggunakan DI ini biasanya adalah truk tronton atau bus. Injektornya yang berada di pusat kepala silinder akan memudahkan Anda untuk mengetahui mesin ini. 

(CRDI) Common Rail Direct Injection 

Mungkin Anda pernah melihat mobil dengan label CRDI atau VCDI, nah mobil-mobil dengan label ini artinya menggunakan solar sebagai bahan bakarnya. Nah, perbedaannya dengan dua tipe sebelumnya adalah mobil dengan label CRDI ini sudah menggunakan teknologi berbasis komputer. 

Jadi, bisa mengukur volume solar yang keluar melalui injektor sehingga bisa dibilang mirip dengan sistem EFI. Jenis-jenis mobil yang menggunakan teknologi ini adalah Fortuner, Captiva, Pajero Sport, bahkan Ertiga Diesel. Kelebihan yang dibawa oleh sistem satu ini adalah lebih hemat bahan bakar, torsinya maksimal, dan emisinya juga sudah lulus EURO 3. 

Melalui ulasan di atas kini Anda jadi lebih tahu tentang jenis-jenis mesin diesel. Jika Anda tertarik untuk membeli mesin diesel atau peralatan lain yang berhubungan dengan mesin mobil bisa langsung memesannya di website Indotrading. Ada ribuan benda yang dijual perusahaan yang dikenal sebagai Online B2B Marketplace Indonesia ini, bahkan selain kebutuhan berhubungan dengan kendaraan ada juga kebutuhan rumah tangga. 

Selain menjual barang, web Indotrading ini juga menyediakan tawaran jasa mulai dari Jasa Desain Interior, Percetakan, Travel & Tour, Customers Service dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda masih penasaran dengan barang-barang yang dijual termasuk harga mesin diesel dan juga jasa yang ditawarkan di Indotrading, langsung saja kunjungi website-nya di https://www.indotrading.com/ .


0 komentar:

Posting Komentar