Home » » Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Proses Kelahiran Secara Normal

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Proses Kelahiran Secara Normal


 Memiliki anak adalah salah satu hal yang sangat diharapkan oleh hampir semua orang yang berkeluarga. Karena itu tidak mengherankan jika masa masa kehamilan sampai melahirkan merupakan salah satu fase yang penting bagi seseorang.


Saat sedang hamil mereka akan berusaha sebaik mungkin agar mom dan janin yang berada di kandungannya. Upaya upaya ini dilakukan dengan berbagai cara baik itu dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya, menjaga kesehatan tubuh dan lain sebagainya.

Demikian juga saat akan melahirkan, mereka juga tentunya berupaya agar proses persalinan bisa berjalan dengan lancar. Dan untuk proses persalinan yang biasa dilakukan secara umum dibagi menjadi beberapa jenis. Beberapa jenis persalinan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


1. Persalinan Normal

Proses persalinan normal adalah salah satu jenis persalinan yang paling umum dilakukan. Persalinan normal ini memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan jenis persalinan lainnya. Diantara kelebihan tersebut antara lain adalah proses penyembuhan atau pemulihan pasca persalinan yang cepat, bayi yang dilahirkan lewat persalinan normal biasanya memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat, hubungan emosional dengan bayi lebih mudah serta biaya persalinan yang umumnya relatif lebih murah dan lain sebagainya.


2. Persalinan Caesar

Sesuai dengan namanya metode persalinan ini dilakukan dengan melakukan bedah caesar / sesar yakni dengan melakukan pembedahan di area perut hingga rahim. Dan melalui bagian inilah bayi akan dikeluarkan. Meskipun memiliki sejumlah kelebihan akan tetapi metode caesar ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Beberapa kekurangan atau kelemahan melakukan operasi caesar untuk persalinan ini diantaranya adalah proses pemulihan yang memakan waktu lebih lama bahkan untuk beberapa kasus proses pemulihan ini bisa memakan waktu berbulan bulan, akan timbul bekas operasi di bagian perut dan terkadang bekas operasi ini akan menimbulkan rasa nyeri dalam jangka waktu yang cukup lama, serta ada kemungkinan  terjadinya komplikasi akibat operasi yang dilakukan.


3. Persalinan dengan Bantuan Alat

Jika persalinan normal tidak berjalan sebagaimana mestinya terkadang persalinan dengan menggunakan alat menjadi salah satu pilihan untuk dilakukan. Dalam hal ini alat yang digunakan umumnya adalah alat vacuum yang digunakan untuk mengeluarkan bayi. Pada penggunaannya alat vacuum ini ditempel pada kepala bayi dan menghisapnya. Karena itu penggunaan alat ini terkadang menimbulkan efek negatif misalnya bentuk kepala bayi yang menjadi tidak normal (lonjong), lecet pada kepala bayi atau bahkan timbul pendarahan.


Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya melahirkan dengan persalinan normal adalah yang paling banyak diinginkan. Akan tetapi tentunya untuk bisa melahirkan dengan normal ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi misalnya kondisi bayi dalam kandungan normal baik itu dari segi kesehatan maupun posisinya, berat bayi berkisar antara 2,5 - 4 kg, panggul mom lebar sehingga tidak ada hambatan yang berarti ketika melahirkan normal dan lain sebagianya.


Dan tentunya agar persalinan normal ini bisa berjalan dengan baik maka sebaiknya harus ditangani oleh mereka yang ahli dan memiliki kompetensi serta kewenangan di bidangnya. Untuk itu ketika kita ingin melakukan proses kelahiran secara normal maka ada baiknya dibawa ke tempat yang tepat untuk proses kelahiran tersebut misalnya ke klinik atau yang sejenisnya yang memiliki dokter spesialis serta bidan yang tersertifikasi SIP.


Dan salah satu klinik yang bisa kita jadikan pilihan ketika akan melakukan persalinan secara normal adalah klinik Kehamilan Sehat. Ada beberapa alasan kenapa klinik yang satu ini patut kita jadikan pilihan. Salah satu alasannya adalah karena beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh klinik ini. Beberapa diantara kelebihan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


  • Standar pelayanan setara dengan rumah sakit sehingga jenis pelayanan yang diberikan juga mirip mirip dengan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.

  • Harga yang kompetitif, untuk anda yang masih memperhitungkan biaya untuk masalah kelahiran maka klinik yang satu ini bisa dijadikan pertimbangan. Hal ini karena biaya lahiran di klinik ini cukup kompetitif jika dibandingkan di tempat lain.

  • Jujur dan transparan dalam memberikan informasi seputar kehamilan yang sedang dialami.

  • Berpengalaman dan profesional di bidangnya.



0 komentar:

Posting Komentar